Lompat ke isi utama

Berita

Awasi Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Kabupaten, Bawaslu Pastikan Penghitungan Suara Transparan Dan Akuntabel

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat kabupaten

Sampang.Bawaslu Kabupaten Sampang mengikuti Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 Tingkat Kabupaten, bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Kabupaten Sampang. Jum’at, (01/03/2024).

Pelaksanaan Rapat Pleno terbuka tersebut diawasi langsung oleh Muhalli (Ketua), Purnidi Sutrisno.(Anggota) Mat Sodik (Anggota) Moh Ramli (Anggota), Mursidi Ali Syahbana (Anggota) serta jajaran sekretariat Bawaslu Kabupaten Sampang. yang di agendakan akan berlangsung selama 5 (lima) hari dimulai pada hari ini tanggal 01 s.d 05 Maret 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sampang Muhalli mengatakan bahwa sesuai surat pemberitahuan dan jadwal dari KPU Kabupaten Sampang bahwa Hari Pertama dimulai dari Kecamatan Pangarengan, Sreseh, Sokobanah, Camplong, Kedungdung, Ketapang, Sampang, Banyuates, Omben, Karangpenang, Torjun, Robatal, Tambelangan, dan Jrengik.

 “Jika minggu kemarin kita telah mengawasi rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan, dan sekarang mulai perekapan di tingkat Kabupaten Sampang. Dan itu adalah kewajiban Bawaslu dalam melakukan pengawasan”ungkapnya

Muhalli menuturkan bahwa Rapat Pleno ini penting dilakukan untuk memastikan keabsahan hasil penghitungan suara berjalan dengan transparan, adil, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Proses penghitungan suara pemilu 2024 tingkat Kabupaten Sampang harus dipastikan dan berjalan dengan transparan dan akuntabel serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga hasilnya nanti tidak diragukan lagi keabsahannya,” muhalli menambahkan.

Oleh karena itu, ketentuan-ketentuan teknis dan administratif penghitungan tersebut juga harus terpenuhi dengan baik. “Teknis pelaksanaan mesti terpenuhi sesuai dengan pedoman, disisi lain administrasi hasil penghitungan juga harus dijalankan dengan baik,” tambahnya.

Bawaslu juga menghadirkan Panwascam Kecamatan Se-Kabupaten Sampang untuk bersama-sama mengawasi jalannya rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten sesuai jadwal yang ditentukan.

“Panwascam juga hadir karena mereka yang lebih memahami dan tahu persis hasil Rekapitulasi di tingkat Kecamatan serta kejadian khusus yang belum terselesaikan serta berpotensi berlanjut di tingkat Kabupaten,” Pungkasnya.

bawaslu sampang

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Sampang, serta Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Sampang, Panitia Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan para Saksi Partai Politik Pemilu Tahun 2024 se Kabupaten Sampang.