Lompat ke isi utama

Berita

Adakan Apel Siaga Pemilu, Bawaslu Sampang Tekankan Jajarannya Awasi Pemilu Sesuai Regulasi

apel akbar

Sampang. Sampang.bawaslu.go.id., Sampang - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sampang menggelar Apel Siaga Pengawas Pemilu 2024 se-Kabupaten Sampang  bertempat di Alun-alun Tronojoyo Sampang. Ketua Bawaslu Sampang, Muhalli. MH, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari upaya untuk mempersiapkan pengawasan yang ketat selama masa tenang dan pada hari pencoblosan yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. (Minggu,11/02/2024).

Muhalli.menyatakan bahwa meskipun telah memasuki masa tenang Pemilu, namun bagi Bawaslu, ini adalah masa yang tidak tenang karena rawan terjadinya pelanggaran seperti money politics dan kampanye terselubung. 

"Kami harus ekstra waspada dan mengawasi dengan cermat agar proses pemilu berlangsung adil dan berkualitas," ungkap Muhalli saat bertindak sebagai pembina Apel.

Selain itu, Muhalli juga mengajak semua pihak terkait, termasuk pengawas Pemilu,baik Panwascam dan pengawas desa (PKD) untuk tetap semangat dalam menjalankan tugas pengawasan.dan dalam pemilu kali ini kita harus bisa mengedukasi masyarakat.

“Mari kita narasikan pemilu dan demokrasi di Kabupaten Sampang sebagai bagian dari mengedukasi rakyat, dalam pemilu ada banyak kepentingan yang tidak selaras dan tidak bisa diselaraskan”terangnya.

“Maka perlu agar mereka tidak menjadi korban sebagai kepentingan yang ada, saya tekankan agar rakyat tidak jadi korban, karena di negara ini rakyatlah yang lebih berdaulat,”Muhalli menambahkan.

Masa tenang Pemilu 2024 berlangsung selama tiga hari, yakni dari tanggal 11 hingga 13 Februari 2024. Selama periode ini, Bawaslu akan memantau secara ketat agar tidak ada pelanggaran yang terjadi.

Apel siaga ini dihadiri oleh sekitar 250 orang, terdiri atas seluruh panitia pengawas kecamatan (Panwascam), pengawas desa dan kelurahan, serta forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) se Kabupaten Sampang. Semua pihak diharapkan dapat berperan aktif dalam menjaga integritas dan kualitas pelaksanaan Pemilu 2024.